BREAKING NEWS

Lain lain

Keluhan

Renungan

30 Maret 2011

Apa Itu URL Shortener

Akhir akhir ini di facebook bertaburan virus yang memanfaatkan url shortener. Apa sih url shortener itu?

Saya akan mengurai dengan bahasa yang mudah dimengerti (walau kadang bahasa yang mudah dimengerti ini salah, atau tidak tepat)

URL shortener adalah sarana untuk memperpendek alamat sebuah website. Misal ada alamat website http://www.alamatwebsitepanjang.com/bagian/subbagian/cabang/ranting/caramembuatsebuahtrikmainsulap.html
Panjang banget kan? Untuk mengingatnya pun sangat susah. Untuk mempersingkat digunakanlah url shortener misal menjadi http://www.urlshort.com/sulap

Kegunaan url shortener yang lain adalah untuk menyembunyikan alamat aslinya. Biasanya yang melakukan ini adalah para affiliate marketer. Banyak orang tidak mau masuk ke situs affiliate menggunakan link affiliate (referral).
Misal kalau ada situs affiliate/referral http://www.affiliatewebsite.com/?r=rudy
Nah tulisan ?r=rudy itu adalah link affiliate, dan orang yang tidak mau melalui link referral itu, akan langsung menuju http://www.affiliatewebsite.com sehingga si affiliate marketer tidak mendapat komisi affiliate.
Maka untuk "mengakali"nya dia akan kasih alamat http://www.urlshort.com/sukses dan setiap orang yang masuk ke website tersebut sebenarnya akan diredirect (diteruskan) ke http://www.affiliatewebsite.com/?r=rudy

Ada banyak url shortener, yang terkenal adalah tinyurl, bit.ly, is.gd dan goo.gl. Ada juga url shortener yang disediakan oleh anak anak Indonesia, seperti pendek.in, panjang.in, kro.co, de.tkdan masih banyak lagi.

Cara kerja
Cara kerja url shortener adalah meredirect (meneruskan) ke website tujuan. Jadi kita mendatarkan alamat website yang kita kehendaki, lalu url shortener akan membuatkan alamat website yang simple, yang me-redirect ke website kita tadi.
Contohnya misal saya punya website http://www.affiliatewebsite.com/?r=rudy lalu saya daftarkan ke url shortener misal ke url shortener dan saya mendapat alamat http://www.urlshort.com/sukses
Maka kalau orang masuk ke http://www.urlshort.com/sukses maka akan diredirect ke http://www.affiliatewebsite.com/?r=rudy
Dengan begitu saya tidak kehilangan komisi affiliate kan.

Bayar atau Gratis?
Layanan URL Shortener ada yang Bayar, namun banyak sekali yang Gratis.
Seperti tinyurl maupun goo.gl adalah contoh yang gratis. Lalu kalau gratis, darimana mereka mendapat uang? Hare gene mana ada yang gratis tanpa keuntungan sama sekale?

1. Kalau layanan url shortener itu popular, maka akan banyak orang membuat short url ke url shortener tersebut. Sehingga trafic url shortener meningkat. Dan setiap website yang ramai dikunjungi orang, maka banyak yang berlomba lomba ingin memasang iklan di werbsite tersebut. Biaya pasang iklan ini adalah menjadi pendapatan bagi penyedia layanan short url.

2. Seperti halnya tiny url, setiap kita mendaftarkan website kita untuk diperpendek, maka akan tergenerate alamat website secara acak, misal http://www.tinyurl.com/bhsdfrfk (susah dibaca ya?)
Nah tentu kita ingin alamat website yang bisa enak dibaca, lalu disitu ada fasilitas premium agar kita bisa menentukan alamat website yang bisa enak dibaca, namun kita diminta melakukan donasi. Itu sumber pendapatan juga.

3. Ada juga cara meredirect ke alamat website kita diselingi dengan sebuah website intro yang berisi iklan. Dan tentunya si penyedia short url mendapat dana dari situ.

Jadi menjadi penyedia short url pun merupakan bisnis yang mendatangkan keuntungan.
Ada juga lho yang menshare keuntungan mereka, jadi setiap me redirect ke website tujuan, short url akan menampilkan website intro yang berisi iklan, dan dia dapat pendapatan, lalu pendapatan tersebut dibagi ke si pemilik website tujuan.
Mudahnya gini, saya punya sebuah file yang bisa didownload yang saya taruh di http://www.ziddu.com/ghruysbfhdtesjui sudah pada tahu kan kalau kita punya file di ziddu dan didownload, kita dapet $0,00001.
Lalu saya buat short url di misal http://www.urlshort.com/duit Nah setiap orang yang masuk ke http://www.urlshort.com/duit akan diredirect ke http://www.ziddu.com/ghruysbfhdtesjui namun sebelum itu akan ditampilan dulu website intro yang berisi iklan.
Nah si urlshort dapat pendapatan dari iklan, dan saya dibagi sedikit dari pendapatan itu. Jadi saya dapat komisi dari ziddu maupun dari urlshort.
Paham?

Nah siapa yang mau cari duit dengan url shortener????

Posting Komentar

silahkan berkomentar di sini

 
Copyright © 2013 Training Center
Share on Blogger Template Free Download. Powered byBlogger