BREAKING NEWS

Lain lain

Keluhan

Renungan

22 Januari 2011

Penipuan Bekedok Jual Pulsa Murah

Teman saya menjadi korban penipuan berkedok jual pulsa murah dan kehilangan uang sebesar 550 ribu rupiah. Ceritanya teman saya bermaksud menjadi penjual pulsa. Dia pun searching di internet dan menemukan website www.pulsamurah.com (saat ini sudah tidak bisa dibuka lagi) yang mengaku bernama PT. Telesindo. Dalam website itu harga pulsa spektakuler murahnya. Pulsa 5000 saja dijual dengan harga member 4000 rupiah, pulsa 10 ribu dijual 9 ribu dst. Pokoknya jauh lebih murah dari harga grosir yang lain. Ini rupanya yang menarik hati teman saya, dan dia pun memutuskan bergabung. Apalagi di situ ditulis tanpa biaya pendaftaran.

Singkat kata teman saya pun daftar dan disuruh transfer deposit 100 ribu rupiah. Dia transfer dan bisa melakukan transaksi isi pulsa. Tapi ketika dia sudah memakai deposit pulsa 48 ribu (yang artinya masih tertinggal 52 ribu) dia sudah tidak bisa transfer pulsa lagi. Dia pun komplain dan diberi tahu bahwa deposit yang 50 ribu sementara ditahan dan akan ditambahkan kalau sudah melakukan deposit lagi. Ini aneh, mana ada deposit ditahan? Harusnya ini menjadi awal kecurigaan. Keanehan berikutnya, deposit minimal 500 ribu. Untuk apa dia membatasi minimal deposit? Kalau deposit minimal 50 ribu masih wajar lah. Ini 500 ribu, harusnya menjadi indikasi kedua akan penipuan ini. Nah setelah itu, teman saya masih belum transfer deposit 500 ribu. Anehnya ada sms ke dia yang isinya menanyakan apakah ada pulsa simpati 50 nggak? Ini menjadi keanehan ketiga, kok ada orang tahu kalau dia jualan pulsa? Apalagi pengirim sms tersebut mengaku bernama Rudy yang kebetulan sama dengan nama saya.

Akhirnya teman saya deposit sebesar 500 ribu rupiah. Beberapa saat kemudian teman saya mendapat telpon dari customer service Telesindo. Isinya memberitahukan bahwa ada kesalahan input data yang seharusnya 500 ribu, oleh staf Telesindo dimasukkan data 5 juta. Untuk itu ID teman saya sementara dinonaktifkan selama maksimal 24 jam untuk koreksi data deposit. Ini sungguh aneh, koreksi kesalahan yang dilakukan staf Telesindo sendiri, tapi membutuhkan waktu 24 jam. Padahal logikanya 1 menit juga beres. Di sini teman saya mulai curiga, tapi mau apa dikata uang 500 ribu sudah ditransfer dan berharap 24 jam lagi deposit sudah beres urusannya.

Setelah 24 jam, belum ada konfirmasi juga teman saya akhirnya menghubungi cs Telesindo, dan diberitahu bahwa data di komputer sudah masuk dan tidak bisa dirubah. Jadi pihak Telesindo minta agar teman saya menambah deposit sebesar 4,5 juta agar ID nya bisa diaktifkan lagi. Ini sungguh sungguh aneh. Karena marah teman saya menutup telepon begitu saja. Beberapa saat kemudian, teman saya ditelpon pihak Telesindo yang meminta maaf atas ketidaknyamanannya dan memberi solusi karena ini kesalahan dari mereka, maka teman saya diberi rewards berupa gratis 2,5 juta. Jadi teman saya disuruh transfer deposit 2,5 juta saja dan ID diaktifkan dengan deposit tertera 5 juta. Untunglah saat itu teman saya sudah sadar kalau dia ditipu. Mana ada orang kasih uang 2,5 juta begitu saja.

Sehabis mendengar cerita teman saya, lalu saya mencari informasi di internet tentang penipuan ini dan saya menemukan beberapa website :
- http://pulsamurah54.blogspot.com/2010/09/modus-penipuan-pulsa.html
- http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6172734
- http://www.detiknews.com/read/2010/12/22/195219/1531110/10/polisi-tangkap-5-pelaku-penipuan-agen-sms?9911022
- http://www.poskota.co.id/poskota-tv/2010/12/22/pelaku-penipuan-pulsa-murah-dibekuk-petugas

Untuk itu kalau boleh saya usulkan :
- Jangan terpengaruh dengan harga yang kelewat murah. Yang logis saja, semua bisnis itu profit oriented. Harga yang kelewat murah menjadi indikasi bisnis yang tidak bener.
- Pastikan Perusahaan itu bener, cari info di internet apakah penipuan atau bukan.
- Tanya apakah ada web reporting atau tidak. Bisnis pulsa yang bener biasanya punya web reposting


Saya sendiri bertahun tahun jualan pulsa dan lancar lancar aja. Kalau mau lihat bisnis pulsa saya silahkan klik di :

*UPDATE : Saya sudah tidak jualan pulsa lagi

Semoga menjadi pencerahan. Terima kasih.

Posting Komentar

silahkan berkomentar di sini

 
Copyright © 2013 Training Center
Share on Blogger Template Free Download. Powered byBlogger